Labuhanbatu Utara, 1 Juni 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Unit Donor Darah (UDD) PMI Labuhanbatu Utara yang dipimpin oleh dr. Rifan Eka Putra Nasution menggelar kegiatan donor darah pada Sabtu, 1 Juni 2024. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara.

PMI Labura Donor Darah

Tercatat ada 12 orang yang mendaftar sebagai peserta donor darah. Namun, hanya 5 orang yang berhasil mendonorkan darahnya setelah melalui serangkaian pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, riwayat konsumsi obat, dan tingkat kecukupan istirahat. Sementara 7 orang lainnya gagal dalam pengecekan awal.

Proses pemeriksaan syarat donor darah

Proses pemeriksaan syarat donor darah

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Setiap tetes darah yang didonorkan sangat berharga dan dapat menyelamatkan nyawa sesama,” ungkap dr. Rifan Eka Putra Nasution, Kepala UDD PMI Labuhanbatu Utara.

 

Kegiatan donor darah rutin ini melibatkan personil dari UDD PMI Labuhanbatu Utara, yaitu Billy Makmur, Media Second Sister, Husana Ziadah, Syahrial Amri, dan Bayu Tri Putra. Mereka bertugas untuk memastikan kelancaran serta keamanan kegiatan dari awal hingga akhir.

 

Drs. H. Syofyan Yusma, M.Si selaku Ketua PMI Labuhanbatu Utara menyampaikan, “PMI memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, PMI juga berperan dalam kegiatan kemanusiaan lainnya seperti tanggap bencana, serta pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program.”

 

Secara keseluruhan, kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ini berjalan dengan aman dan lancar. Sebanyak 5 kantong darah berhasil digalang dan akan disalurkan ke fasilitas kesehatan di wilayah Labuhanbatu Utara untuk memenuhi kebutuhan pasien yang memerlukan transfusi darah.