(Aek Kanopan, 01 Juni 2024), Bertepatan dengan hari lahirnya pancasila, hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2024 SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan menjadi pelopor literasi di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sebab pada hari tersebut SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan gelar kegiatan pelatihan menulis buku dan pelatihan membaca nyaring yang menghadirkan 8 orang narasumber hebat para pakar literasi, penulis hebat dari Provinsi Sumatera Utara yang terhimpun pada Perkumpulan Pendidikan Penulis Sumatera Utara (PPPSU). Mereka ialah Dra. Salamah, M.Pd, Sri Rahayu, M.A, Suryani, S.Pd., M.Pd, Wiwik Puspitasari, M.Pd, Sri Yunita, M.Psi, Choliza Nasution, M.Pd, Mahniar Sinaga, M.Pd, Anni Manalu, S.Pd.

Peserta pelatihan mendengarkan materi

Peserta pelatihan mendengarkan materi

Kegiatan ini bertujuan tidak lain dan tidak bukan semata-mata hanya untuk sharing ilmu, berbagi pengalaman bagaimana teknik dan cara efektif penulisan buku, dan diharapkan setelah pelatihan ini tentunya para peserta dapat meningkatkan literasi menulisnya. Pungkas Ibu Wiwik (Ketua PPPSU).

Pembukaan kegiatan oleh Ibu Sekda Labura

Pembukaan kegiatan oleh Ibu Sekda Labura

Kelas menulis ini digelar secara gratis dari pagi hingga sore hari, yang digagas oleh Ibu Sri Siti Rasida, S.Pd., M.Si (Ketua Korwil PPPSU Labura), Ibu Charisma Juwita, S.E (Guru SMAN 1 Kusel), Drs. Syahrial Efendi, M.Pd (Korwas Labura) dan Bapak Rudi Candra Simbolon, S.E.I., M.M (Kepala SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan). Adapun jumlah peserta pelatihan ini dihadiri oleh 140 peserta yang terhimpun dari para guru TK, guru SD, guru, SMP, guru SMA sederajat dan peserta umum.

 

Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Hj. Sri Wahyu (Ketua DPW Labura, Ibu Sekda Labura) yang pada kesempatan ini mewakili Bunda Paud Labura yang berhalangan hadir. Pada sambutannya Ibu Sekda menyapa seluruh Narasumber dengan hangat serta mengucapkan selamat datang di Kabupaten Basimpul Kuat Babontuk Elok ini, terimakasih telah berhadir di Kabupaten kami ini, mewarnai literasi serta mengispirasi bagi segenap guru-guru yang ada di Labura. Ibu Sekda juga menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta setelah pelatihan ini agar mengabadikan karyanya dalam sebuah buku, agar buku tersebut dapat dipajang di perpustakaan daerah serta akan diberi apresiasi dari Pemkab Labura.

Kepala Sekolah SD Muhsaka berfoto bersama seluruh pemateri

Kepala Sekolah SD Muhsaka berfoto bersama seluruh pemateri

Bapak Rudi Candra Simbolon sebagai kepala SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan (Muhsaka Labura) juga turut memberi komentar terkait kegiatan ini. Ia menyebut bahwa sekolah Muhsaka Labura seperti dihujani berkah dari yang Maha Kuasa sebab para penulis hebat dari Provinsi Sumatera Utara berhadir ke sekolah ini, mengispirasi para bapak dan ibu penggiat lietarasi se Labuhanbatu Utara.

 

Disela-sela kegiatan bincang-bincang kepala SD Muhsaka Labura dengan sejumlah Narasumber, SD Muhsaka ini hebat Pak, kami terkesima melihat fasilitas serta prestasi-prestasi yang ditorehkan para siswa-siswi di sekolah ini. Kami segenap pengurus PPPSU kirim salam dengan seluruh pengurus Muhammadiyah Cabang Aekkanopan serta kepada seluruh bapak dan ibu guru-guru hebat SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan yang telah memfasilitasi tempat kepada kami untuk sharing ilmu dan pengalaman literasi di Labuhanbatu Utara ini.

 

Rudi Candra Simbolon